Free Bulls Eye ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
dionisius gunawan blog: 10 HEWAN LANGKA di dunia

statistic

3/31/13

10 HEWAN LANGKA di dunia


1.      NARWHAL (PAUS UNICORN)
Narwhal (Monodon monoceros) adalah nama salah satu paus yg paling tidak diketahui manusia. Nama “narwhal” berasal dari bahasa Norse Kuno yg berarti “paus mayat“. Nama itu diberikan karena kebiasaannya yg kadang-kadang berenang tak bergerak di permukaan laut dengan posisi perut menghadap ke atas dan warna tubuhnya yg bertotol-totol kelabu seperti pelaut yg tenggelam. Mereka diketahui hanya hidup di seluruh perairan Kutub Utara, tepatnya di Samudera Arktik. Narwhal adalah paus bergigi dan termasuk karnivora yg memakan hewan-hewan laut seperti ikan, udang, atau cumi-cumi.
Paus tersebut memiliki tanduk yang sepertinya memiliki kemampuan penginderaan hidrodinamik.
Narwhal (Monodon monoceros) adalah sejenis paus yang termasuk sangat langka. Panjang tubuhnya mencapai 4 hingga 4,5 meter, dan kebanyakan dijumpai di perairan lautan Artik sekitar Kanada, tapi kadang juga terlihat jauh ke timur hingga Rusia.
Para penelitinya yakin paus narwhal menggunakan suara untuk mengenali sesamanya dan membedakan satu individu dengan individu lainnya.



2. BURUNG TEMMINCK’S TRAGOPAN
 
 Temminck’s Tragopan atau Tragopan temminckii adalah burung berukuran sedang(sekitar 64 cm) dalam genus Tragopan.
Dengan jambul
warna orange dan coklat, dada yang terlihat seperti hiu paus berbaring di atas hati, Temminck's Tragopan sangatlah mencolok. Tidaklah mengherankan kalau ia dianggap burung yang paling tampan di dunia. Burung yang menakjubkan ini ditemukan di hutan Asia Selatan. Warna biru wajahnya sebenarnya adalah kulit, bukanlah bulu.
3.     MOLA-MOLA ATAU IKAN MATAHARI
Ikan matahari atau Mola-mola adalah ikan dengan tulang terberat di dunia. Ikan dewasa memiliki berat rata-rata 1.000 kg. Ikan matahari hidup dalam diet yang sebagian besar makanannya hanya terdiri dari ubur-ubur, tetapi karena diet ini sangat minim nutrisi, sementara mereka mengkonsumsinya dalam jumlah besar, ini membuat tubuh mereka tumbuh besar.
Betina dari spesies ini dapat memproduksi telur lebih banyak dari vertebrata manapun yang dikenal. Sunfish goreng buntal mirip miniatur, dengan sirip dada besar, sirip ekor dan duri seperti biasanya dari tubuh mola-mola dewasa.
ikan ini  termasuk dalam kategori  Ikan bertulang sejati terbesar di dunia  Ukuran: Terpanjang 3,3 m, bentangan sirip 4,2 m, terberat 2,3 ton Penyebaran: Lautan tropis dan sedang di seluruh dunia  Makanan: Ubur-ubur, udang, cumi-cumi, dan ikan kecil
4.     FOSSA
Fossa adalah hewan terbesar dalam anggota musang (panjangnya kurang lebih 1.5 m) dan Hewan Mamalia Paling Langka ini merupakan karnivora terbesar dari asalnya, madagaskar. mereka mempunyai kulit khusus berwarna coklat-jingga. jumlah fossa kurang dari 2.500 pada tahun 2007. Pada tahun 2008 ditemukan 14 fossa tahun berikutnya cuma 10 ekor yang berhasil ditemukan dan tahun 2010 hanya dua ekor. Sementara di kawasan hutan lain ada tujuh ekor.
5.     NORTH AMERICAN CACOMISTLE
North American Cacomistle merupakan salah satu Hewan Mamalia Paling Langka di dunia.mamalia ini  Berasal dari amerika serikat bagian selatan, cacomistle adalah hewan kecil dan pemalu, kadang-kadang disebut sebagai tupai kucing atau kucing ekor-cincin karena ekor mereka yang panjang dan bergaris membentuk seperti cincin. Cacomstile berasal dari bahasa Nahuatl yang berarti half-cat atau half mountain lion.
6.      LUWAK AFRIKA

Luwak Afrika adalah hewan asli yang hidup di alam tropis Afrika. Tidak seperti kebanyakan spesies lain dari keluarga hewan ini, yang lebih menyerupai kucing, Luwak Afrika lebih menyerupai seekor anjing pendek.
Sama seperti semua jenis musang, hewan ini juga yang memiliki kelenjar perianal yang menghasilkan cairan civetone (digunakan dalam industri parfum), yang tersebar sebagai penanda di wilayahnya untuk mengklaim daerah kekuasaanya.
7.     JERBOA
Jerboa kuping panjang yang dijuluki sebagai mickey mouse dari padang pasir itu, merupakan hewan mamalia kurus yang keluar pada malam hari. Dengan bentuk dan ukuran mirip tikus, namun memiliki bentuk tangan dan kaki mirip kanguru serta berekor panjang.. Spesies ini tergolong langka dan masuk daftar merah. "Mahluk itu hanya seperti kanguru, memang menakjubkan untuk dilihat," kata Jonathan seperti dilansir BBC, Rabu (12/12/2007).
Hingga kini, makhluk ini terbukti masih sulit untuk dipelajari. Sebab, bentuknya kecil, hidupnya di malam hari, dan lingkungan kehidupan padang pasir yang kejam juga dijalaninya sehari-hari.
binatang Jerboa ini memang menakjubkan. Sedikit rambut di kakinya hampir mirip sepatu salju, yang membantu mereka melimpat diantara gurun. Kemudian telinga mereka yang besar membantu pendengaran mereka menjadi tajam tentang apa yang terjadi di sekitarnya.
Jerboa  menghabiskan masa hidupnya ketika pagi hari didalam tanah diantara gurun pasir, dan makanan mereka adalah serangga. 
8.     BONGO ANTELOPE 
 Bongo (antelop) merupakan hewan asal Afrika yang dikenal anggun dengan bulu berwarna cokelat tua bergaris putih dan bertanduk spiral. Hewan ini merupakan salah satu hewan misterius di Afrika karena hewan ini sulit ditemukan karena jarang muncul di lingkungan terbuka dan hidup dalam kelompok kecil.
Mereka merupakan kijang hutan yang terbesar. Mereka merupakan salah satu spesies kijang, yang tercirikan dari bentuk tanduknya. Di tempat asalnya di Afrika, penduduk setempat tidak memburunya karena dipercaya bahwa daging kijang akan memberikan mereka kesengsaraan. Tapi kijang ini diburu untuk olahraga, dan spesies ini sudah tergolong sebagai spesies langka.
9.     OKAPI
Okapia johnstoni adalah mamalia dari hutan hujan Ituri di Afrika Tengah. Walaupun hewan ini memiliki kesamaan belang kulit dengan zebra, okapi memiliki perkerabatan lebih dekat dengan jerapah. Kemiripannya dengan zebra dan jerapah menimbulkan dugaan adanya persilangan antara keduanya, tapi walaupun adanya kesamaan ciri tertentu, hewan ini sebenarnya tidak secara dekat berkerabat dengan zebra. Hewan yang berasal dari Hutan Hujan Ituri di timur laut Republik Demokratik Kongo ini baru diketahui oleh penduduk setempat pada tahun 1901.
  
10. LOBSTER BERBULU (KIWA HARSUTA)
Lobster berbulu atau kiwa hirsuta dikenal juga sebagai lobster Yeti adalah Crustacea yang ditutupi dengan benda yang tampak sekilas seperti bulu, tetapi sebetulnya merupakan penutup setae yang padat, seperti yang ditemukan pada kaki beberapa jenis udang. Bulu-bulu ini berfungsi sebagai filter, mendetoksifikasi air di mana mereka hidup. Lobsterini buta dan tidak berwarna dan hidup dalam kegelapan. Ditemukan di aliran hydrothermal di Lautan Pasifik. Para penyelam telah menemukan sejenis hewan bercangkang baru (crustacea) di Lautan Pasifik Selatan yang mirip kepiting. Uniknya, hewan ini memiliki lapisan serupa bulu halus berwarna pirang di capit dan kaki-kakinya.Tim penyelam menemukan kepiting aneh itu di kedalaman 2.298 meter di sebuah wilayah sekitar 1.440 kilometer sebelah selatan Pulau Easter Kepiting berbulu ini berwarna putih dan panjangnya sekitar 15 centimeter atau sebesar piring salad.

No comments:

Post a Comment

Blogger Widgets © Your-BelajarBLOG - http://your-belajarblog.blogspot.com/2013/01/cara-memasang-animasi-burung-twitter-di.html#ixzz2P5GZRlpe Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih